jasa web dan aplikasi di bogor

Sistem Informasi

Sistem Informasi

Secara sederhana sistem diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Menurut Bambang, sistem merupakan perangkat elemen yang digabungkan satu sama lainnya untuk suatu tujuan bersama.

Dari defini diatas, dapat diambil kesimpulan mengenai pengertian sistem yaitu sekumpulan elemen-elemen yang saling terintegrasi serta melaksanakan fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan bergantung satu sama lainnya.

Informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk atau dimanipulaasi sesuai dengan keperluan tertentu. Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau rekaman ke dalam berbagai bentuk media (contohnya komputer) yang masih berdiri sendiri, belum mempunyai pengertian sebagai kelompok, belum terkoordinasi satu sama lain dan belum diolah sesuai keperluan tertentu. Menurut Gordon Davis, pengertian informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan saat ini atau dimasa mendatang.

Informasi merupakan sumberdaya yang mahal, semakin berkualitas suatu informasi maka semakin mahal harganya. Hal-hal yang dapat mempengaruhi kualitas informasi adalah aksesibilitas, kelengkaapan, ketelitian, relevansi, ketepatan waktu, kejelasan dan fleksibilitas. Untuk mendapatkan informasi yang berkualitas tidak terlepas dengan bagaimana mengelola informasi tersebut, hal ini tidak terlepas dari apa yang disebut manajemen informasi yaitu segala aktivitas untuk memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin dan membuangnya di saat yang tepat.

Informasi yang berkualitas harus memiliki beberapa kriteria..

Kriteria kualitas informasi

Peter dan McLean

DeLone dan McLean

Accuracy

Accuracy

Timelines

Timelines

Realibility

Completeness

Completeness

Relevance

 

Consistency

 

Berdasarkan pendapat tersebut, kualitas suatu informasi dapat ditinjau dari 6 hal, yaitu [7] :

  1. Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
  2. Tepat pada waktunya, berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat, maka dapat berakibat fatal untuk organisasi. Dewasa ini mahalnya nilai informasi disebabkan harus cepatnya informasi tersebut didapat, sehingga diperlukan teknologi-teknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya.
  3. Lengkap, berarti informasi yang diterima harus lengkap dan utuh, tidak terpotong.
  4. Relevan, berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakaiannya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya informasi mengenai sebab musabab kerusakan mesin produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.
  5. Andal, berarti informasi yang diterima harus dapat dipercaya dan diandalkan.
  6. Konsisten, berarti informasi yang diterima harus konsisten, tidak boleh berubah dari pengiriman informasi hingga penerima informasi tersebut.

Sistem Informasi adalah salah satu komponen yang dibentuk secara sistematis dan terpadu yang diperoleh dari pengolahan data, sehingga dapat menyediakan informasi yang mendukung fungsi-fungsi pengambilan untuk tujuan tertentu.
            Data Flow Diagram (DFD) adalah representasi grafik yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi informasi yang diaplikasikan sebagai data yang mengalir dari masukan (input) dan keluaran (output). DFD menyediakan mekanisme untuk pemodelan fungsional ataupun pemodelan aliran informasi. Notasi-notasi pada DFD (Edward Yourdon dan Tom DeMarco).
            Sekala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dalam penelitian, fenomena sosial ini telah ditetapkan secara spesifik oleh peneliti, selanjutnya disebut sebagai variabel penelitian. Dengan sekala likert, maka variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan skala likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif, yang dapat berupa kata-kata antara lain :

a. Sangat setuju.                      a. Selalu.                             a. Sangat positif

b. Setuju.                                 b. Sering.                            b. Positif

c. Ragu-ragu.                           c. Kadang-kadang.               c. Negatif

d. Tidak setuju            .            d. Tidak pernah.                   d. Sangat negatif

e. Sangat tidak setuju.           

Web server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Jenis-jenis web server antara lain : Apache Web Server, Apache Tomcat, IIS, Light Http, Jigsaw, Sun Java System Webserver, Xitami Web Server, Zerus Web Server.

MySQL merupakan software yang tergolong sebagai DBMS (Database Management System) yang bersifat Open Source. Open Source menyatakan bahwa software ini dilengkapi dengan source code, selain itu bentuk executable nya atau kode yang dapat dijalankan secara langsung dalam sistem operasi dan bisa diperoleh dengan cara men-download di internet secara gratis.

Yang dimaksud dengan aplikasi web atau aplikasi berbasis web (web-based application) adalah aplikasi yang dijalankan melalui browser. Aplikasi seperti ini sering kali dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut HTML (HyperText Markup Language) dan protokol yang digunakan dinamakan HTTP (HyperText Transfer Protocol). Namun tentu saja hal seperti memiliki kelemahan. Semua perubahan harus dilakukan pada level aplikasi. Pada perkembangan berikutnya, sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Pada saat ini, banyak skrip seperti itu antara lain yaitu PHP, ASP, ASP .NET, sedangkan contoh yang berupa objek antara lain adalah applet (Java).

PHP merupakan bahasa pemograman skrip yang diletakan dalam server yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi web yang bersifat dinamis. PHP mendukung berbagai database. Termasuk yang didukungnya adalah MySQL, dengan demikian database yang anda buat dengan MySQL dapat diakses langsung oleh PHP dan memungkinkan untuk menampilkan isinya atau bahkan memanipulasi datanya melalui halaman web. Dengan menggunakan lisensi GNU (GNU Public License), PHP bebas didistribusikan oleh siapa saja dan ke siapa saja. Software ini dapat diunduh pada situs http://www.php.net dan tersedia untuk berbagai platform (seperti Windows, Linux dan lain-lain).

            Model SDLC air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential linier) atau alur hidup klasik (classic life cycle). Model air terjun menyediakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian dan tahap pendukung (support).

 

 

 

0
0
0
0